we've all got both light and dark inside us what matters is the part we choose to action. That's who we really are.

Jumat, 19 Juli 2013

Is it the end of our friendship? No, its the beginning of our story :)

3 tahun sudah lamanya bersekolah di tingkat SMA dan kini waktu yang berkuasa untuk "mengusirku" dari tempat tercinta ini. SMALA.
Siapa pun yang baru lulus hampir bisa dipastikan ngomong begini "nggak terasa ya udah 3 taun, uda lulus SMA." and so do I :)
Memang 3 tahun itu waktu yang sangat singkat, sangaaat singkat, apalagi jika kau menikmatinya. Dan aku, sangat menikmati proses yang kulalui di tempat tercinta ini. Memang tidak semuanya manis, banyak pahitnya dan dukanya juga. Bahkan waktu kelas X dulu aku sempat berpikir "seandainya aku bisa pindah sekolah." atau "aduh kenapa sekolah ini nggak kayak sekolah yang lain, sih." dan yang paling kekanak-kanakan saat malam hari MOS kedua aku sempat menangis dan merengek pada orang tuaku untuk tidak ikut MOS saja dan dibuatkan surat ijin tidak masuk -,,-

Tempe, ya...

Hahaha tapi nggak apa, karna semua hal itulah yang membuat aku menyadari betapa uniknya, luar biasanya, kerennya, hebatnya tempat ini :)
Aku yang dulu awalnya cuma cewek 15 tahun bisa yang polos, lugu (lucu dan guoblok wkwk), self minded, lelet, ngga bisa apa-apa sekarang sudah selesai diproses oleh tempat ini. Ngga tau juga hasilnya mateng atau nggak, kualitas pro atau KW super, tapi aku tetep bersyukur karena di sini lah aku mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan teman-teman yang luar biasa juga, yang mungkin nggak bisa aku dapatkan di tempat lain. Aku yang dulunya belum ngerti apa artinya persahabatan yang sebenarnya, setia kawan, rela berkorban, kontribusi, dlsb rasanya sekarang aku mulai memahaminya.

Aku ngga akan cerita gimana dahsyatnya tempat ini menelorkan pemimpin-pemimpin peradaban yang hebat, karena pasti sudah banyak blog dan orang yang bercerita mengenai hal ini hehe. Di sini aku ingin bercerita se-upil cerita yang mungkin belum banyak orang yang menceritakannya, saat aku bertemu dengan teman-teman -- yang tidak pernah kusangka akan menjadi teman terbaikku :)

Berawal dari berakhirnya Perisai, Kamis 15 Juli 2010. Tiap anak di kelas memperkenalkan dirinya masing-masing, jujur sebenarnya sekarang aku sudah lupa bagaimana perkenalannya dulu, aku cuma inget samar-samar seiprit. Yang benar2 aku ingat cuma perkenalannya Askar yang tiba2 matanya kedip-kedip sendiri dan kepalanya tengeng2 sendiri (maaf ya Kar, tapi aku bingung nggambarin ekspresimu itu gimana...) dan Esther yang bilang, "Nanti kalo kepala saya udah nempel meja, mohon dibangunkan yah." dan siapa sangka anak yang kepalanya gampang banget nempel meja ini sekarang sudah menjadi "Maba Fakultas Psikologi Universitas Indonesia" :) Ohyaa ada satu lagi! tidak perlu sebut nama -- anak ini waktu perkenalan sempat menarik perhatianku. Celananya dilinting. Hehehe, tapi kan waktu itu aku belum tau maksudnya apa....

Kelas X menjadi masa adaptasi yang lumayan susah buat aku. Itu buktinya sampai pingin pindah sekolah hahaha. Ternyata SMA lumayan "keras" juga ya haha. Seperti anak SMP baru lulus yang lain, rasanya itu pingin baliiik aja ke SMP lagi, ketemu temen SMP lagi, tapi sederet jadwal sekolah dan generasi memupuskan niatku itu. ah.... Tapi siapa sangka, justru inilah awal dari semuanya!

Cheerliar... agak kagok gimana gitu ya.. kita baru kenal ada 2 bulanan mungkin terus tiba2 disuruh kompak, ngerjain ini itu, belajar sambil latiah cheerliar, belajar sambil bikin pom-pom. Awalnya seneng banget sih, maklum belum nemu ginian sebelumnya, terus sempet stress sampai nangis2 karena nggak selesai, tapi akhirnya seneng lagi karena dari cheerliar ini tanpa aku sadari ternyata aku udah belajar banyak hal. Kompak, rela ngeluangin waktu buat sesama, manajemen waktu juga, setia kawan, dlsb yang positif lah intinya. Dari sini juga aku mulai kenal pribadi tiap anak, gimana kalo mereka bekerja dalam suatu tim, siapa yang punya skill leadership, siapa yang rajin, siapa yang pekerja keras, siapa yang ternyata awesome bgt, siapa yang sukanya cuma dateng duduk trs ongkang-ongkang, siapa yang idc banget hahaha. Pokoknya hampir semua sifat anak kebuka deh haha, ya walaupun belum sepenuhnya tapi itu uda cukup menggambarkan pribadi  tiap anak :D tapi yang terpenting karena kegiatan ini kita makin memahami satu sama lain, kita makin kenal satu sama lain, makin sayang dan makin deket! hehe. Sebenernya ngga cuma cheerliar aja yang bikin kita deket, cereal cemol juga, dan yang paling greget, LIBURAN KELAS! wohooo
mungkin efeknya ngga sampai kayak cheerliar yang sifat tiap anak jd keluar, tp di liburan ini kita jadi makin deket karena kita punya waktu sehari penuh sama temen sekelas, ah unyu kan.

Tapi sejujurnya... waktu itu aku masih agak awkward sama kalian...

Kelas XI, wuh masa-masa yang indah katanya. Memang sih masa-masa kelas XI ini masa gencar2nya ikut organisasi, kepantiaan, lomba-lomba, dan main-main haha. Tapi mungkin agak beda cerita buat yang fokus olim. Eh tapi siapa tau definisi "main-mainnya" mereka malah belajar, kan persepsi orang bisa beda-beda hehe dan semua orang bebas memaknai kata atau kiasan yang mereka pilih :). Awal-awal tahun kelas XI banyak aku habiskan di SS dan kepanitian, memang jadi kurang kumpul sama temen-temen tapi aku juga mendapat pembelajaran yang berharga kok, jadi tetep ada imbal baliknya. Setengah tahun berikutnya, masa yang indah! Tiap anak sudah jadi "expert" di bidangnya masing-masing, ada yang jadi "petinggi", ketua SS, kordiv, korbid, BPH apapun itu di OSIS, kepanitiaan, SS, dan lain sebagainya. Rasanya kayak informasi apa aja kita tau karena jadi pengurusnya hahaha. Ini juga jadi masa-masa yang sibuk buat kita karena kita punya banyak tugas dan amanah di tempat kita berkontribusi. Dari sini aku jadi tau betapa "sangar" nya tiap anak, mereka punya bidangnya sendiri-sendiri. Tapi tetep, kalo balik ke kelas, kesangaran mereka ludes hahaha. Kalau udah di kelas yaudah jadi seperti murid SMA pada umumnya haha, tapi kalau uda di lapangan, wuuu beda jauh ._.

Hebatnya kita, di kelas XI masa yang super sibuk ini kita masih sempet liburan kelas lagi wuhuuu dan nggak tanggung-tanggung. Kemanaa?? BALI! Kita emang jarang jalan bareng, tapi sekali jalan, nggak tanggung-tanggung! hahaha. Kali ini nggak cuman sehari, tapi 4 hari. Menghabiskan waktu bersama-sama 4 hari membuat kita lagi-lagi semakin dekat satu sama lain, 4 hari kita habiskan penuh kegembiraan dan tawa, 4 hari kita habiskan dengan bercanda dan bersenang-senang. Saat itu kita ingin waktu untuk berhenti berputar sejenak, kita ingin merasakan kebersamaan dan kegembiraan lebih lama lagi... dan semenjak itulah... Aku sudah benar-benar nggak awkward sama kalian :')

Kelas XII, the senior year.
Bayang-bayang perpisahan sudah menghantui. Padahal rasanya baru saja kemarin kita selesai Perisai, kenalan, ke Bali, tapi sekarang sudah di penghujung tahun. Masing-masing dari kita mulai menata masa depan. Masa sibuk berorganisasi sudah berganti dengan sibuk belajar dan les. Aku sendiri, di awal tahun kelas XII merasa sangat hampa. Rasanya saat itu tiap anak seperti datang-duduk-belajar-pulang. Saat bel pulang berbunyi, 30 menit kemudian kelas sudah kosong.
Tapi ternyata itu hanya sebentar! Haha. Ternyata lama-lama ada dari mereka yang jenuh dan akhirnya bolos les haha. Tapi itu bukan alasan utama mereka bolos kok, alasan utamanya ya tugas-tugas kelompok, uprak, dan tugas2 lain yang nggak bisa diremehkan. Di sela-sela itu masing-masing dari kita mulai menata masa depan dan bermimpi tentang kemana kami akan melanjutkan sekolah. Ada saat di mana kami down karena merasa nggak sanggup dan merasa mimpi itu terlalu sulit untuk digapai. Galau karena nggak tau harus melanjutkan kemana, galau karena pilihan orang tua berbeda dengan pilihan kita. Di saat inilah kami mulai saling menguatkan satu sama lain, menyemangati satu sama lain, dan mendoakan satu sama lain. Kita mulai berkomitmen untuk berjuang bersama, jangan sampai ada yang tertinggal. Aku merasa, baru kelas XII ini kita bisa saling cerita menumpahkan semuanya ke temen-temen tanpa harus ada yang ditutup-tutupi, tanpa aku harus berpikir bagaimana aku bersikap saat berbicara dengan mereka. Kita lebih banyak menghabiskan waktu di kelas dan membuka sesi konsultasi untuk menemukan solusi yang mungkin akan sedikit berguna bagi kita dalam menata masa depan. Nggak cuma yang manis-manis dan unyu-unyu di "Senior Year" ini, kita juga sempet ada cekcok yang menimbulkan chaos yang akhirnya bisa membuat kita menginstropeksi diri kita masing-masing. Setelah instrospeksi dan menyadari kesalahan, satu per satu dari kita mulai meminta maaf dan karena hal itu lah kita lagi lagi menjadi semakin dekat lagi. Aku kira sekarang kita sudah benar-benar memahami dan mengenal satu sama lain. Kita sudah hafal watak dan kebiasaan tiap anak. Kita sudah seperti keluarga. Keluarga Aset :')

3 tahun bersama tidak pernah berganti kelas, mungkin sedikit membuat kita agak asing dengan "guyonan" di luar kelas, dan mungkin "guyonan" kita sama sekali nggak bisa dibawa keluar kelas. Tapi karena 3 tahun inilah kita bisa menjadi seperti sekarang ini, menjadi sebuah keluarga. Kita mungkin bukan anak eksis yang punya banyak teman sampai tumpeh-tumpeh atau anak esktrovert yang bisa kesana kemari, aku tidak tahu bagaimana dengan teman-teman, tapi disinilah aku meyakini bahwa aku telah menemukan teman sejati dan memahami arti dari "persahabatan sejati" :)

Kurang lebih satu bulan lagi kita akan benar-benar berpisah. Kita akan membuka lembaran baru, memulai hidup baru dan mencapai cita-cita dan mimpi kita sesungguhnya. Inilah awal perjuangan kita. Semoga setelah ini jika ada reuni 10 atau 20 tahun mendatang, kita bisa bertemu lagi menjadi orang yang sukses, sukses sesuai dengan takaran kita dan membawa cerita kita masing-masing.

So, is it the end of our friendship? I don't think so. Its the beginning of our wonderful story :)


5 komentar:

Dzikri Sabillah Anwar mengatakan...

unyune preeel :')
btw sing cheerliar bener bgt, jd kangen :) mene buber arek lanang nari-nari gelem gak yo, pom-pomku sek onom :))

Aprillia Hardiyani Tanto mengatakan...

galau chik mau berpisah :') haha
iyo chiik saiki sopo se sg ga kangen cheerliar :' gowoen gowoen ae chik!! gawe nostalgia, foto2 sisan hahaha =))

terong mengatakan...

preelllee unyu bangeeet :33
td sempet ngakak baca yang bagian 'nempel di meja' =)))))
blogspot ini ga bisa reblog yaa? aaa sayang pdhl ini unyu puoool kekekkee
semoga beberapa tahun lagi kita ngumpul dgn status org sukses tp tetep rendah hati ^^
tp sblm itu, kita sering2 ngumpul ga masalah preel =)))))

Aprillia Hardiyani Tanto mengatakan...

Ya gini ter mau pisah jd menye2 gini hahaha, lo tp bener kan pas perkenalan km blg gt? HAhahaha. GAbisaaa bisanya di copas aja ter, mau copas ta :
Amiin ttp rendah hati, pokoknya budhal brg mulih yo brg haha.
yaa gapapalah hahaha :D

Aprillia Hardiyani Tanto mengatakan...

Ya gini ter mau pisah jd menye2 gini hahaha, lo tp bener kan pas perkenalan km blg gt? HAhahaha. GAbisaaa bisanya di copas aja ter, mau copas ta :
Amiin ttp rendah hati, pokoknya budhal brg mulih yo brg haha.
yaa gapapalah hahaha :D