we've all got both light and dark inside us what matters is the part we choose to action. That's who we really are.

Minggu, 23 Desember 2012

Mana yang Lebih Penting: Peluang atau Ambisi?

Masa kelas 12 ini benar-benar masa yang penuh gejolak
Masa yang juga penuh dengan penyesalan...

Gimana enggak?
Penuh gejolak dan penyesalan karena,
Aku punya ambisi, tapi nggak ada tempat dan waktu untuk mewujudkannya
Banyak peluang yang lewat, tapi aku melewatkannya begitu saja, karena aku tidak pandai dalam memanage sesuatu...

Aku ini adalah tipe orang yang mudah besar kepala
Dipuji sedikit saja, rasanya sudah melayang
Karyaku diapresiasi sedikit saja, sudah merasa punya potensi terpendam
Kalau orang-orang setuju dan senang dengan ide-ide dan konsep yang aku buat, rasanya sudah merasa diri ini "Wah, gilak mereka suka sama ideku"

GR banget emang...

Tapi di kelas 12 ini aku baru sadar, kalau sebenarnya ternyata aku telah memilih jalan yang "agak menyimpang"
Minat, kemampuan, bakat yang aku punya rasanya semua tidak sinkron
Kemampuan A, tapi minatku di B
Bakat C, tapi aku tidak tahu bagaimana cara mengembangkannya. Entah karena memang tidak ingin untuk mengembangkannya lebih lanjut atau karena faktor lainnya...

Kadang rasanya sangat menyebalkan saat tahu bahwa aku dapat mempelajari sesuatu dengan mudah, tapi diri ini tidak berminat untuk mengembangkannya
dan saat aku sangat ingin mempelajari sesuatu dan mengembangkannya, tapi diri ini ternyata tidak mumpuni untuk melakukannya...
menyebalkan...

Punya ambisi, tapi tidak ada peluangnya
Ada peluang, tapi tidak berambisi disitu

Saat aku mulai mengutarakan keinginanku untuk menekuni suatu bidang yang menjadi ambisiku dan sinkron dengan kemampuan yang aku miliki, orang tua malah bilang,
"Memang bisa jadi apa disitu?"
"Memang bisa dapat duit berapa?"
"Memang bisa terkenal kamu disitu?"
"Memang dengan begitu bisa hidup enak?"
"Peluangnya sedikit, cari yang lain saja."
Huft, apa mereka tidak tahu,
Dengan itu aku bisa menjadi diriku sendiri
Kalau jadi diri sendiri, kita bisa bahagia kan?
Lagipula kesuksesan itu akan datang dengan sendirinya apabila kita hidup bahagia

Jadi, mana yang lebih penting, peluang atau ambisi?
Mana yang harus didahulukan, peluang atau ambisi?
Mana yang harus diperhatikan, peluang atau ambisi?

Mana? Mana? Yang mana?
Dipilih, dipilih, dipilih....


Tidak ada komentar: